Jerawat memiliki berbagai jenis, termasuk komedo, dan whiteheads. Jenis jerawat yang paling parah adalah jerawat membandel yang berkembang jauh di dalam kulit, menyebabkan benjolan merah, bengkak, dan menyakitkan.

Jerawat jenis ini bisa kamu rawat di rumah lho, yuk simak cara menghilangkan jerawat dengan merawatnya. Mengenai apa saja yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, ukuran jerawat, pembengkakan, dan kemerahan saat memiliki jerawat, simak ulasannya berikut ini.

  • Rajin cuci muka

Cuci wajahmu dua kali sehari dan setelah berkeringat. Terutama saat kamu mengenakan topi atau helm, yang ternyata dapat memperburuk jerawat, jadi cuci wajahmu sesegera mungkin setelah berkeringat. 

Ingat setelah berkeringat ya, bukan saat berkeringat.

  • Bersikaplah lembut pada kulitmu

Membersihkan wajah menggunakan handuk, spons, atau sejenisnya dengan cara menekan, bisa memperburuk jerawat. Menggunakan bahan-bahan yang dapat mengelupas kulit pun, ternyata membuat iritasi pada kulit. 

Bersihkanlah secara perlahan dan gunakan produk menghilangkan jerawat  yang lembut. Salah satunya produk dengan kandungan bebas alkohol, karena alkohol membuat kulit kering dan menyebabkan jerawat tampak lebih parah.

  • Bilas dengan air hangat

Ada baiknya jika bilas wajahmu menggunakan air hangat sebelum mengaplikasikan skincare-mu. Air hangat,  dapat membantu produk kecantikan lebih menyerap pada kulit.

  • Keramas secara teratur

Jika rambut kamu berminyak, keramaslah minimal dua hari sekali ya. Rambut kotor dan berminyak berdampak buruk ke wajahmu.

  • Jangan sentuh wajahmu 

Ternyata menyentuh ketika tangan tidak dibersihkan, memecahkan atau menekan jerawat, dapat meninggalkan bekas jerawat loh. So, jauhkan tangan dari wajahmu, menyentuh kulit sepanjang hari dapat menyebabkan flare-up.

Konsultasikan dengan dokter kulit jika:

  • Jerawat sudah membuatmu tidak percaya diri dan malu.
  • Produk yang kamu gunakan setelah sekian lama tidak ada perubahan.
  • Jerawat meninggalkan bekas atau menggelapkan kulitmu.

Menghilangkan jerawat tak harus dengan melawan saja, merawatnya pun dapat mengatasi keluhanmu. Saat ini, hampir setiap kasus jerawat berhasil diobati. Dermatologis juga bisa membantu mengobati jerawat, mencegah jerawat baru, dan mengurangi kemungkinan timbulnya bekas jerawat. 

Memiliki pertanyaan atau masalah tentang jerawatmu? Yuk datang ke klinik Mariana Beauty atau hubungi melalui whatsapp. Dapatkan special voucher untuk pendaftar baru di website Marianabeauty.id. So, tunggu apa lagi? Klik di sini sekarang juga!

Mariana Beauty akan memberikanmu solusi terbaik bukan janji.