Sebenarnya kecantikan tidak berarti memiliki warna atau tone wajah tertentu, namun jika ingin mencerahkan kulit sebaiknya pahami dahulu mengenai hal tersebut. Nantinya kamu bisa memilih mana cara yang tepat, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pada artikel ini, Mariana Beauty akan membahas mengenai:

 

Apa itu mencerahkan kulit?

Mencerahkan kulit adalah teknik alami, medis, maupun kosmetik yang digunakan untuk mendapatkan warna kulit lebih cerah dan merata. 

Memiliki warna kulit yang tidak rata, untuk sebagian orang mungkin membuatnya tidak percaya diri. Oleh karenanya, banyak orang menggunakan teknik ini untuk menghilangkan ketidaksempurnaan itu.

Penyebab warna kulit tidak rata

Paparan Matahari 

Terpapar sinar matahari yang lama atau terkena radiasi UV berbahaya, dapat merusak sel-sel di lapisan epidermis kulit. Untuk mencegah kerusakan ini, produksi melanin meningkat yang menyebabkan pembentukan bercak-bercak gelap. 

Hormon 

Melasma (juga dikenal sebagai kloasma) adalah bentuk hiperpigmentasi atau tidak meratanya warna kulit yang lazim terjadi dan biasanya terlihat pada wajah wanita.

Umur 

Adanya bercak-bercak gelap pada kulit mungkin berhubungan dengan usia. Hiperpigmentasi umumnya terjadi pada individu berusia di atas 40 tahun.

Jerawat 

Perubahan warna yang disebabkan oleh jerawat dikenal sebagai Hiperpigmentasi Post Inflamasi (PIH). Peradangan yang disebabkan oleh jerawat memicu kelebihan produksi melanin dan menyebabkan bintik-bintik gelap. 

Gen 

Genetik sangat mempengaruhi pigmentasi kulit seseorang. Gen dapat menentukan distribusi dan ukuran melanosom (sel penghasil melanin) di kulit.

Polusi lingkungan 

Polutan di udara dapat mengaktifkan reseptor intraseluler dan memicu stres oksidatif. Hal ini menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan penuaan kulit melalui pembentukan keriput juga bintik-bintik hitam.

Perbedaan lightening, brightening, dan whitening

Skin Lightening membantumu mencapai warna kulit yang rata, dengan memperbaiki bercak-bercak gelap.

Skin brightening bekerja dengan cara mengelupaskan kulit, sehingga memberikan penampilan yang lebih segar.

Skin whitening membantu mengubah warna kulit menjadi lebih terang. Whitening biasanya penggunaan bahan kimia, yang jika dilakukan tidak sesuai dengan prosedur bisa berbahaya bagi kesehatanmu. 

Cara untuk mencerahkan kulit secara alami

Masker Pepaya dan Pisang

Pepaya banyak digunakan untuk perawatan kulit, karena nutrisi yang baik bagi kulit. Keduanya memiliki memiliki kandungan vitamin E dan C yang dapat mencerahkan kulit secara  alami. Caranya yaitu:

  • Potong lalu hancurkan pepaya dan pisang secara bersamaan.
  • Tambahkan madu dan tumbuk hingga halus.
  • Aduk rata dan oleskan masker ke kulit.
  • Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Jus dan Masker Jeruk 

Jeruk sangat bermanfaat bagi kulit karena kaya akan vitamin C. Jeruk dapat membantu mencerahkan kulit dengan bertindak sebagai agen pencerah kulit.

Konsumsi jus jeruk segar setiap hari dapat merevitalisasi kulit, menjadikannya lembut dan halus. Selain jus, kamu juga dapat mengoleskan jus jeruk ke kulitmu, untuk mendapatkan warna kulit yang rata. 

Jika kamu juga sedang dalam masa diet, jus jeruk dapat membantumu dalam menurunkan berat badan lho.

Madu

Madu dapat melembabkan kulit untuk membantu memberikan warna kulit yang merata. Menjadi antibakteri, madu dapat mencegah perkembangan jerawat dan membantu memudarkan bekas jerawat juga tanda-tanda penuaan.

Royal jelly yang biasa menjadi makanan ratu lebah, dapat digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi. Hasil studi yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Korea menyatakan bahwa, meminum suplemen royal jelly dapat menurunkan risiko penuaan dini yang diakibatkan paparan radiasi sinar UV.

Gunakan madu sebagai masker, caranya cukup oleskan 1 sendok makan madu asli ke wajah dan diamkan hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Risiko mencerahkan kulit

Jika tidak sesuai prosedur atau tidak cocok dengan kulitmu, ini yang akan terjadi:

  • Peradangan dan kemerahan
  • Rasa gatal
  • Sensasi terbakar
  • Kulit mengupas

Itulah hal-hal yang harus diketahui untuk mencerahkan kulit. Memang cara alami mencerahkan kulit di rumah sangatlah sederhana. Namun, kamu juga harus rutin melakukannya, karena prosedur ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Jika ingin mendapatkan hasil yang cepat dan simpel, pilihlah prosedur medis untuk pencerah kulit. Sebelum melakukannya, coba untuk berkonsultasi dengan dokter ahli ya

Jangan khawatir biaya mahal hanya untuk berkonsultasi, di Mariana Beauty kamu bisa berkonsultasi secara gratis lho. Pilihan perawatannya pun beragam, klik di sini untuk dapatkan voucher perawatan di klinik Mariana Beauty. 

Mariana Beauty siap memberikan pelayanan terbaik.