Ketika ingin membeli skin care dan makeup, salah satu hal harus kamu cari adalah produk mana yang cocok dengan jenis kulit wajahmu antara berminyak atau kombinasi. Walaupun kedua jenis kulit ini mempunyai banyak kesamaan, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang signifikan lho

Jika kamu tidak mengetahui perbedaan jenis kulit berminyak dan kombinasi, yuk simak di bawah ini. Agar kamu dapat menentukan apa jenis kulitmu dan menemukan produk perawatan kulit wajah yang cocok untukmu.

KULIT BERMINYAK 

Kulit berminyak ditandai oleh pori-pori besar, shiny atau greasy-looking, dan lebih tebal, yang menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya. Hal ini memberikan hidrasi kulit dengan baik, tetapi sebenarnya komedo dan jerawatlah yang ditakutkan muncul pada wajah. Pemilik jenis kulit ini berjuang tetap terlihat “on” di siang hari, dan sering merasa perlu mencuci muka atau re-touch up jika sedang menggunakan make up

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat disebabkan dan diperburuk oleh perubahan hormon, kosmetik, genetika, diet atau obat-obatan tertentu. 

Kelebihan Memiliki Kulit Berminyak

Salah satu manfaat dari jenis kulit ini ternyata bisa memperlambat penuaan pada wajah lho. Hal ini dikarena kelembabannya yang ekstra, sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi dan rentan terhadap kerutannya.

 

KULIT KOMBINASI

Kulit kombinasi pada dasarnya adalah ketika kamu memiliki dua jenis kulit yang berbeda secara bersamaan, dan sering berurusan dengan banyak masalah yang sama seperti kulit berminyak, dimana pori-pori membesar dan berjerawat. Jenis kulit ini biasanya mengalami kusam dan kering di pipi, pelipis dan sekitar mata.

Penyebab Kulit Kombinasi

Sebagian besar dari kita memiliki kulit kombinasi, karena lebih banyak kelenjar sebaceous (kelenjar yang menghasilkan minyak) di sekitar hidung daripada area lain dari wajah. 

Perbedaan jenis kulit ini dengan kulit berminyak adalah kulit kombinasi ditandai oleh zona-T yang berminyak secara konsisten (area wajah di atas alis sepanjang dahi dan memanjang antara alis ke dagu, yang membentuk “T”) dengan kekeringan di area lain pada wajah. 

Keuntungan Memiliki Kulit Kombinasi

Tidak selamanya memiliki kulit kombinasi hanya memberikan dampak yang negatif. Mereka yang memiliki jenis kulit ini akan lebih mudah mendapatkan produk skin care atau makeup mereka lho.

Itulah perbedaan jenis kulit kombinasi dan kulit berminyak. Kulit berminyak umumnya akan tampak berminyak di seluruh wajah, sementara kulit kombinasi hanya  mengalaminya di zona-T. 

Memiliki masalah mengenai kulit berminyak atau kombinasi? Yuk ke klinik Mariana Beauty, perawatannya teruji klinis ilmiah dalam jurnal Nasional dan Internasional, sehingga aman dan memberikan hasil bukti yang nyata. 

Tak usah khawatir harga yang mahal, Mariana Beauty memberikan voucher potongan harga dengan cara hanya mendaftarkan dirimu di sini. Jangan sampai kehabisan ya!